15 Khasiat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat atau khasiat jeruk lemon untuk kesehatan tubuh manusia meliputi beberapa pengobatan penyakit seperti infeksi tenggorokan, gangguan pencernaan, sembelit, masalah gigi, demam, pendarahan internal, rematik, luka bakar, obesitas, gangguan pernapasan, kolera dan tekanan darah tinggi (hypertensi). Selain itu, juga sangat bermanfaat untuk perawatan rambut dan kulit. Lemon juga dikenal sebagai buah generasi terapeutik yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, membersihkan perut dari tumpukan racun (detox) yang juga dianggap sebagai pembersih darah.

Sari buah lemon murni yang sering dibuat sebagai jus lemon juga diketahui dapat mengobati penyakit batu ginjal, mengurangi stroke dan menurunkan suhu tubuh. Sebagai minuman yang menyegarkan jus lemon dapat membantu pikiran anda tetap tenang dan rileks. 

Berbagai khasiat jeruk lemon tersebut diperoleh dari sejumlah elemen bergizi banyak yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, folat, niacin thiamin, riboflavin, asam pantotenat, tembaga, kalsium, besi, magnesium,  kalium, seng, fosfor dan protein. Lemon adalah buah yang mengandung flavonoid serta komposit yang mengandung antioksidan yang sifatnya dapat melawan kanker. Beberapa zat di atas mampu mencegah diabetes, sembelit, hipertensi, demam, dangguan pencernaan dan masalah lainnya serta membantu meningkatkan pertumbuhan kulit, rambut dan gigi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Asosiasi Urologis Amerika menyoroti fakta bahwa limun atau jus lemon dapat menghilangkan terjadinya batu ginjal dengan membentuk kemih sitrat yang mencegah pembentukan kristal.


15 Khasiat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Pada umumnya orang menggunakan lemon untuk membuat limun/jus lemon dengan cara mengambil perasan sari lemon murni yang dicampur dengan air. Selain itu lemon juga sering digunakan sebagai campuran pada sabun pembersih piring, karena kemampuannya menghilangkan noda/kotoran berlemak. Aroma lemon juga dapat mengusir nyamuk, sementara minum jus lemon dengan minyak zaitun dapat membantu menyingkirkan batu empedu. Jeruk lemon terkenal karena kekuatannya sebagai obat yang dapat dilakukan dengan banyak cara yang berbeda. Sesuai dengan hasil penelitian dalam sejarah penyakit rematik, lemon memberikan perlindungan terhadap polyarthritis imflamasi dan arthritis.

Berikut penjelasan 15 khasiat jeruk lemon untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Pencernaan dan sembelit: Jus lemon membantu untuk menyembuhkan masalah-masalah yang berkaitan dengan gangguan pencernaan dan sembelit. Adapun caranya yaitu, tuangkan beberapa tetes sari lemon murni pada hidangan anda (hati-hati, tidak baik bila dicampurkan dengan susu), dan itu akan membantu dalam proses pencernaan. Bertindak sebagai pembersih darah dan agen pembersih, jadi baik diminum setelah makan siang atau makan malam adalah lemon soda segar, yang juga disebut soda jeruk nipis segar di banyak tempat. Resep jus lemon ini, air dingin, soda, garam (garam atau garam batu), dan gula/madu untuk manisnya. Anda juga dapat menambahkan beberapa daun mint atau biji adas yang dihancurkan untuk menambah rasanya. Minum ini setelah Anda makan siang atau makan malam dengan menu yang berat.

2. Demam: Jus lemon dapat mengobati orang yang menderita demam disertai flu dan sakit kepala. Hal ini akan sangat membantu dalam menurunkan suhu tubuh dengan cara meningkatkan keringat.

3. Perawatan Gigi: Khasiat jeruk lemon juga sering diterapkan dalam perawatan gigi. Jika jus lemon segar diterapkan pada daerah sakit gigi, dapat membantu mengobati rasa sakit gigi. Berkumur dengan jus lemon dapat menghentikan pendarahan pada gusi serta mampu menghilangkan bau mulut yang mengganggu. Selain itu, sari lemon dapat juga digunakan sebagai pembersih rutin gigi anda. 

4. Perawatan rambut: Jeruk lemon telah membuktikan dirinya dalam pengobatan perawatan rambut pada skala luas. Jika sari lemon diulaskan pada kulit kepala dapat mengobati masalah seperti ketombe, rambut rontok dan masalah lainnya yang berhubungan dengan rambut dan kulit kepala. Jika Anda mengulaskan sari lemon langsung pada rambut, maka hasilnya rambut Anda akan bersinar alami.

5. Perawatan kulit: Air jeruk, menjadi obat antiseptik alami, selain itu juga dapat menyembuhkan masalah kulit. Sari lemon dapat dibalurkan untuk mengurangi rasa sakit akibat kulit yang terbakar sinar matahari, juga dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dari sengatan lebah. Hal ini juga baik mengobati untuk jerawat dan eksim. Kandungan nutrisi jeruk lemon bertindak sebagai obat anti-penuaan karena dapat membantu menghilangkan kerutan dan komedo. Minum jus lemon dicampur dengan air dan madu akan menghasilkan cahaya yang sehat bagi kulit dan jika Anda benar-benar mencari di pasar kosmetik maka Anda akan menemukan beberapa sabun yang mengandung sari lemon, namun sabun tersebut agak sulit untuk ditemukan.

6. Luka bakar: Mengoleskan sari lemon di area sekitar bekas luka bakar dapat membantu menghilangkan noda hitam bekas luka, dan karena lemon adalah zat pendingin, maka ini akan mengurangi sensasi terbakar pada kulit ketika Anda baru saja terkena luka bakar yang cukup terasa perih.

7. Perdarahan internal: Untuk mengatasi hal ini nutrisi sari lemon memiliki sifat antiseptik dan koagulan, sehingga dapat menghentikan pendarahan internal atau sariawan. Anda dapat mengoleskan air perasan lemon murni pada sebuah cotton bud dan menempatkannya dalam hidung Anda untuk menghentikan pendarahan hidung/sariawan.

8. Berat badan: Jika seseorang membiasakan minum jus sari lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu, maka ini dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini : Jeruk Lemon Untuk Diet Sehat, Alami dan Terbukti Menurunkan Berat Badan.

9. Gangguan pernapasan: Jus lemon membantu dalam menghilangkan masalah yang terjadi pada pernapasan, seperti kemampuan untuk menenangkan orang yang menderita serangan asma. Buah jeruk yang satu ini menjadi sumber yang kaya vitamin c, oleh karena itu hal ini sangat membantu dalam mengatasi gangguan pernapasan untuk jangka  yang lebih panjang.

10. Kolera: Penyakit seperti kolera dan malaria juga dapat diobati dengan jus lemon, karena mengandung zat yang bertindak sebagai pembersih darah. Namun dalam kasus malaria, lemon tidak akan menyembuhkan, tetapi sangat membantu dalam pengobatan.

11. Relaksasi kaki: Lemon adalah agen aromatik dan antiseptik dan sangat berguna untuk merelaksasi kaki. Caranya, tambahkan jus lemon pada satu ember kecil yang diisi air hangat, lalu rendam kaki Anda dalam campuran tersebut untuk relaksasi otot dan menghilangkan pegal-pegal, lakukan selama beberapa menit.

12. Rematik: Kandungan zat yang bersifat diuretik pada buah lemon dapat mengobati rematik dan radang sendi. Ini juga membantu untuk mengeluarkan racun dan bakteri yang tidak berguna dari dalam tubuh.

13. Bisul: Jus lemon dapat melarutkan benjolan pada kulit, sehingga dapat dioleskan di tempat mana kulit telah mengeras, seperti telapak kaki dan telapak tangan Anda. Minum sari lemon yang dicampur dengan air hangat pun dapat membantu pasien menurunkan batu empedu dengan alasan yang sama.

14. Infeksi tenggorokan: Lemon adalah buah yang dapat bertempur melawan masalah yang terkait dengan infeksi tenggorokan, karena sifat antibakterinya yang terkenal.

15. Tekanan darah tinggi: Minum jus lemon berguna untuk orang-orang yang menderita masalah jantung, karena mengandung kalium. Ini akan mengontrol tekanan darah tinggi, dan menghilangkan pusing dan mual, karena memberikan sensasi menenangkan baik pikiran dan tubuh. Pada umumnya hal ini juga sering digunakan untuk mengurangi stres atau depresi.

Setelah Anda membaca uraian di atas, pastinya Anda sepakat bahwa Jeruk lemon telah terbukti menjadi anugerah alam untuk semua orang yang menggunakannya. Buah ini menyediakan banyak solusi yang berharga untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kesehatan, karena mengandung zat antiseptik dan obat alami. Cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan semua khasiat jeruk lemon untuk kesehatan adalah dengan mengkonsumsi sari lemon murni setiap hari, dan kini Anda tidak perlu repot lagi untuk membeli dan memeras sendiri jeruk lemon, karena sekarang telah hadir Aqiilah Fresh sari lemon murni tanpa bahan pengawet yang sudah terdaftar di Departemen kesehatan RI. 

*sumber : https://www.organicfacts.net/

0 comments