Cara Membuat Air Lemon Murni dan Variasi Menu Tambahannya

Cara membuat air lemon atau sering disebut sebagai jus sari lemon murni dari buah berwarna kuning cerah itu ternyata sangat mudah dilakukan di rumah. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa lemon mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya yaitu berkaitan dengan hydrasi. Hydrasi sangat penting untuk mempertahankan tubuh yang sehat dan pada umumnya untuk hal ini banyak orang berusaha untuk minum cukup air setiap hari. 

Menambahkan sari lemon ke dalam air minum kita menjadi cara yang sederhana dan terjangkau untuk membuat minuman menyegarkan sekaligus memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan. Minuman atau jus lemon dengan hiasan irisan buah lemon di bibir gelas juga dapat menambahkan sentuhan elegan dan suasana romantis pada pesta makan malam Anda. Jadi jika Anda sudah mengetahui cara membuat air lemon ini, pastinya minuman jus lemon ini bisa anda konsumsi setiap hari di rumah.


Cara membuat air lemon dengan mudah


Untuk membuat minuman air lemon ini Anda dapat membuatnya dengan mengikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini :
  • Waktu persiapan: 10 menit
  • Menyeduh (seduhan) waktu: 3 jam
  • Total waktu: 10 menit
1. Simpan pitcher atau teko kecil yang terbuat dari kaca ke dalam freezer sehari sebelum Anda ingin membuat air lemon. Ini adalah langkah opsional, tetapi cara ini nantinya mampu untuk menyimpan air dingin dalam waktu yang lebih lama ketika Anda menyajikan air jeruk lemon di dalamnya. Pitcher yang dingin juga memberikan tampilan sempurna kepada tamu Anda untuk memberikan suasana menyegarkan di saat musim panas. 

Cara Membuat Air Lemon Murni dan Variasi Menu Tambahannya

2. Siapkan buah lemon, cabut stiker apapun yang menempel dan cuci buah lemon dengan hati-hati, seperti Anda akan menempatkan kupasan lemon langsung ke dalam air. Tempatkan buah lemon yang sudah dicuci pada talenan, lalu potong buah menjadi beberapa potongan yang tidak terlalu tebal. Tekniknya potong setiap lemon menyilang dari panjangnya sehingga masing-masing potongan tersebut membentuk sebuah lingkaran sempurna. Ini akan menambah daya tarik estetika ketika berada di dalam pitcher. Perlu diperhatikan juga untuk membuang biji buah lemon yang bisa mengganggu atau bahkan menyebabkan tersedak ketika diminum.

3. Masukan irisan atau potongan buah lemon  ke dalam teko kaca yang sudah disimpan di dalam freezer tadi. Jangan lupa peras untuk sedikit memeras irisan lemon untuk melepaskan sari lemon ke dalam air, namun tetap pertahankan bentuk bulatnya agar tetap menarik. Irisan buah lemon akan mengapung, jadi jika Anda menginginkan sebuah infus kuat bisa dengan menambah lapisan es batu untuk menjaga agar potongan jeruk lemon tersebut tetap berada di bawah permukaan air.

4. Isilah pitcher/teko kaca dengan air. Infus akan lebih kuat lagi itu diperbolehkan untuk beristirahat, jadi tempatkan pitcher di dalam lemari es setidaknya selama tiga jam untuk memungkinkan buah untuk turun. Jika Anda memilih untuk tidak mendinginkannya lagi terlebih dahulu, ini juga akan membuat minuman dingin dan lebih menyegarkan. Irisan buah lemon yang sama, masih dapat digunakan kembali untuk sedikit tambahan air putih baru jika rasanya masih sama seperti yang pertama, cukup isi ulang teko dan mebiarkannya lagi selama beberapa menit. Setelah air lemon tersebut tampak kurang beraroma, segera buang potongan lemon tadi dan menggantinya dengan irisan lemon yang baru.

5. Tuangkan jus lemon ke dalam gelas untuk segera dinikmati. Minuman jus lemon bisa anda nikmati baik untuk menyegarkan di hari yang sangat panas, menambah suasana yang mengesankan di sebuah pesta makan malam atau hanya berusaha untuk tetap terhidrasi, karena jus sari lemon murni adalah pilihan terbaik.

Variasi tambahan minuman jus lemon


Untuk menambah rasa atau selera pada jus lemon yang telah Anda buat, beberapa menu tambahan di bawah ini mungkin bisa membantu mendapatkan menu yang sesuai dengan kesukaan Anda.

Cara Membuat Air Lemon Murni dan Variasi Menu Tambahannya Seperti Nanas

1. Menambahkan buah-buahan lain. Misalnya strawberry yang segar dapat menambah warna dan rasa  air lemon tanpa menambahkan kalori. Stroberi mengandungi potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebelumnya cuci buah terlebih dahulu dengan hati-hati dan buang jika masih ada tangkainya, lalu untuk buah-buahan yang lebih besar ukurannya harus dikupas dan diiris dulu menjadi potongan kecil sebelum ditambahkan. 

2. Menambahkan daun mint ke dalam jus lemon. Menambahkan daun mint ke dalam air lemon akan memberikan rasa manis tanpa menambahkan gula. Cuci beberapa daun mint hingga bersih dan iris daun menyerupai pita kecil untuk mengeluarkan sarinya. Daun mint mudah tumbuh di kebun atau halaman kebanyakan, tapi Anda juga dapat menemukannya dengan mudah di supermarket.

3. Menambahkan sedikit minuman bersoda. Pertimbangkan untuk menambahkan sejumlah kecil air bersoda untuk segelas jus lemon, agar menambah sedikit rasa dan gelembung. Perlu diingat bahwa air bersoda yang tampak berkilauan akan hilang seiring waktu jika sudah dibuka kemasannya, sehingga lebih baik untuk tetap menyimpan di dalam botol aslinya sebelum menambahkannya sedikit pada jus lemon. Minuman berkarbonasi atau air bersoda lainnya dapat memberikan sensasi minum soda tanpa menambahkan kalori atau gula dan minuman tersebut mudah di dapat di pasaran. Jika kalori menjadi pertimbangan, ingatlah untuk terlebih dahulu memeriksa labelnya dan memastikan Anda untuk tidak hanya ingin lebih dari sekedar mendapatkan gelembung saja. 

4. Jadilah kreatif dengan menambahkan aroma rempah-rempah atau buah-buahan lainnya yang dapat mengubah rasa dan penampilan air lemon. Bereksperimen dengan rasa baru dapat menghasilkan minuman favorit yang baru. Misalnya mencoba untuk versi yang lebih eksotis dengan menambahkan jahe atau nanas. Tambahkan 1 sendok makan jahe parut ke dalam jus lemon yang sudah dicampur dengan zinc. Atau 1/2 cangkir potongan nanas beku yang segar ke dalam pitcher bisa menambah rasa buah yang lebih kental.

Itulah langkah-langkah atau cara membuat air lemon dengan mudah berikut variasi menu tambahan yang bisa anda pilih sesuai selera. Nah, jika anda tidak ingin direpotkan untuk membeli dan memeras buah lemon, kini tersedia Aqiilah Fresh sari lemon murni yang bisa digunakan langsung untuk membuat jus lemon kesukaan anda. Untuk mengetahui penjelasan produk sari lemon murni Aqiilah Fresh ini bisa Anda klik disini

*sumber : http://www.wikihow.com

0 comments