Jeruk Lemon Untuk Asam Lambung - Manfaat dan Efek Sampingnya

Jeruk lemon untuk asam lambung memang sering menjadi momok yang membingungkan bagi mereka yang belum mengetahui khasiat buah lemon untuk mengobati penyakit maag. Maag atau juga disebut tukak lambung seringkali diakibatkan oleh asam lambung yang tidak seimbang. Sebagian orang beranggapan bahwa orang yang mempunyai penyakit maag sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam seperti jus atau sari lemon. 

Nah bagi Anda yang masih bingung mengenai pernyataan di atas, pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan mengenai efek samping dan manfaat jeruk lemon untuk asam lambung.


Manfaat jeruk lemon untuk asam lambung


Seperti dikutip dari Detik Health (12/07/2013), anggapan bahwa penderita maag tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sari jeruk lemon karena zat asam yang dikandungnya ternyata diluruskan oleh Tjok Gde Kerthayasa, seorang pakar homeopati asal Ubud, Bali. Beliau menjelaskan bahwa sari lemon yang masuk ke dalam perut justru ia tidak menjadi asam di dalamnya karena malah berubah menjadi senyawa alkali yang dapat membantu menyeimbangkan kelebihan atau ketidakseimbangan asam di dalam lambung. Tjok Gede juga menjelaskan bahwa khasiat jeruk lemon untuk pengobatan maag ini sudah banyak dianjurkan oleh para dokter di Amerika, disana para penderita penyakit maag sudah banyak menggunakan jus atau sari lemon sebagai obat pelengkap untuk menyembuhkan maag-nya, dan sudah banyak yang berhasil.

Jeruk Lemon Untuk Asam Lambung - Manfaat dan Efek Sampingnya

Namun anda juga tentunya harus memperhatikan dosis dan cara yang dianjurkan para pakar dalam mengkonsumsi sari jeruk lemon untuk mengobati maag, selain untuk mendapatkan hasil pengobatan terbaik juga untuk menghindari efek samping negatif yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. 

Untuk membuat ramuan anti maag dari jeruk lemon ini ternyata sangat mudah dan sederhana, Anda hanya memerlukan satu butir jeruk lemon yang kemudian diperas untuk mendapatkan sarinya. Kemudian sari lemon murni tersebut dicampurkan dengan segelas air putih bisa dingin atau hangat dan bisa langsung diminum. Sebaiknya diminum setiap pagi hari sebelum sarapan dan Anda juga bisa mengulanginya pada waktu makan siang dan makan malam. Setelah minum jus sari lemon tersebut, penderita maag sebaiknya segera mengkonsumsi makanan pokok. Waktu yang dibutuhkan untuk pengobatan maag dengan ramuan jus lemon ini tergantung dari level penyakit maag yang Anda alami apakah sudah termasuk kronis atau masih biasa. Jadi konsumsi jus lemon tersebut bisa dilakukan setiap hari sampai anda merasakan gejala sakit maag yang terus berkurang.

Perlu Anda ketahui juga bahwa selain karena ketidakseimbangan asam lambung, penyakit maag juga bisa diakibatkan karena adanya masalah di bagian empedu dan liver. Jadi sebaiknya Anda analisa terlebih dahulu penyebab sakit maag yang Anda derita, untuk mengatasi keluhan maag akibat hal ini anda bisa mencoba ramuan kunyit dan sirih. Kunyit dikenal berfungsi secara spesifik untuk membunuh beberapa jenis bakteri yang bisa membuat luka pada lambung, selain itu juga memiliki manfaat yang berfungsi untuk melindungi liver atau dikenal dengan istilah hepatoprotektif.

Efek samping jeruk lemon untuk asam lambung

Berikut ini sedikit dampak yang mungkin ditimbulkan akibat mengkonsumsi jus lemon :

1. Mulas atau sakit perut

Minum terlalu banyak jus lemon dapat memicu mulas atau mengganggu perut karena mempertahankan tingkat keasaman tinggi sampai bisa dicerna lebih lanjut. Peningkatan keasaman lambung memang berguna untuk mencerna makanan, namun jika terlalu banyak mungkin bisa mengakibatkan iritasi pada selaput lendir dan menyebabkan sakit perut atau mulas.

Oleh karena itu, untuk mengatasi ini, sebaiknya mulai dengan hanya sedikit mengkonsumsi jus lemon yang kemudian disertai dengan asupan beberapa makanan dan minum air putih. Juga apabila Anda telah minum jus lemon maka kurangi makan atau minum yang asam-asam agar mencegah dan meringankan gejala mulas.

2. Sering buang air kecil 

Dalam kasus yang jarang, sari lemon mungkin memiliki efek diuretik. Lemon memiliki kandungan vitamin C, atau asam askorbat yang tinggi. Unsur hara ini terkenal karena sifat diuretik, yang berarti meningkatkan produksi urin pada ginjal, sehingga membantu tubuh Anda untuk menghilangkan kelebihan cairan dan natrium lebih cepat.


Bagaimana sebaiknya mengkonsumsi air jeruk lemon?

Mungkin Anda juga minum sari lemon yang disajikan menjadi jus untuk mendapatkan kandungan vitamin C dan untuk kesehatan tubuh secara umum, yang perlu diingat bahwa nutrisi ini sangat tidak stabil dalam memberikan dampaknya terhadap perut Anda. Jadi sebaiknya anda hanya membuat dalam porsi setengahnya saja, atau bahkan hanya beberapa tetes sari lemon murninya saja bila Anda memiliki perut sensitif.

Setelah Anda membaca uraian di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa mengkonsumsi sari jeruk lemon untuk asam lambung dapat membantu mengobati penyakit maag. Tetapi dalam melakukannya Anda harus tetap berpedoman pada dosis dan aturan pakai secara medis dengan nasihat dari dokter Anda. Jika Anda mengalami efek samping dari mengkonsumsi jus lemon ini, maka disarankan untuk berhenti meminumnya sementara, sambil mengkonsultasikan gejala yang dialami pada dokter, jika efek samping tersebut terus berlangsung maka segera meminta bantuan medis untuk mendapatkan tindakan.

*Diolah dari berbagai sumber

0 comments