Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Perbedaan jeruk nipis dan jeruk lemon memang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Sebagian dari masyarakat awam menganggap jeruk nipis dan lemon adalah sama. Lemon dan jeruk nipis memang berasal dari keluarga buah jeruk  yang kaya akan vitamin C, namun mereka berbeda dalam hal warna. Jeruk nipis berwarna hijau dengan ukuran lebih kecil, sedangkan lemon berwarna kuning dengan ukuran yang lebih besar dari jeruk nipis (lime). 

Meskipun kedua buah jeruk tersebut memiliki perbedaan dalam rasa, warna dan ukuran, lemon dan jeruk nipis mempunyai manfaat gizi yang sama dan rendah kalori. Orang-orang yang sadar akan kesehatan dan menjalankan diet sering menambahkan lemon untuk menu diet gizi mereka karena mengandung serat baik yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian Vitamin B-9 dan C.

Kandungan utama jeruk nipis dan lemon adalah limonoids, ini dinilai sebagai nutrisi yang sangat menguntungkan bagi kesehatan. Salah satu khasiat dari sat ini yakni bisa membantu mengobati & mencegah kanker. Jika Anda mendapatkan pengetahuan lengkap tentang perbedaan jeruk nipis dan jeruk lemon beserta kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, pasti Anda akan menjadikan pilihan-pilihan dari kedua jenis jeruk ini untuk diambil manfaatnya bagi kesehatan tubuh.


Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Kandungan nutrisi lemon dan jeruk nipis


Ketika kita membandingkan lemon dan jeruk nipis, dilihat dari sisi berat buahnya menunjukkan bahwa ini hampir mustahil untuk membedakan nilai-nilai gizinya. Keduanya memiliki hampir 30 kalori dan 2.8 gram serat yang baik untuk diet, selain itu 2-3% asupan vitamin B-9 dari beratnya atau untuk hampir 1,5 kali mug setengah lemon yang dikupas. Meskipun, jeruk nipis (sampai batas tertentu) memiliki lebih banyak karbohidrat dan kurang protein bila dibandingkan dengan lemon, perbedaan ini hanya menimbulkan sedikit efek pada konsumsi sehari-hari.

Memiliki kandungan vitamin C yang baik


jeruk nipis dan lemon bukan buah yang kaya mineral dan vitamin, tetapi mengandung Vitamin C dalam jumlah besar. Hampirr 53 miligram vitamin C dari 100 gram lemon memberikan 71% kebutuhan vitamin C untuk wanita dan 59% untuk laki-laki berdasarkan konsumsi manusia normal. Sedangkan dalam 100 gram jeruk nipis hanya 29 miligram Vitamin C yang dapat memenuhi 39% kebutuhan wanita dan 32% untuk kebutuhan laki-laki berdasarkan program diet normal.


Perbedaan rasa jeruk nipis dan jeruk lemon


Lemon lebih asam daripada jeruk nipis karena lemon mengandung lebih banyak asam sitrat. Berdasarkan nama ilmiahnya juga lemon adalah buah jeruk yang sangat asam rasanya. Lemon sering menjadi alternatif antara sitrun dan jeruk nipis yang telah digunakan selama sekitar 2.500 tahun. Jeruk berwarna kuning ini populer digunakan untuk menambahkan rasa dan pengawet dalam berbagai makanan dan minuman baik yang siap saji atau untuk disajikan kemudian.

Perbedaan pH lemon dan jeruk nipis


Meskipun lemon dan jeruk nipis memiliki sifat asam yang sama, lemon dikenal lebih asam dari jeruk nipis karena memiliki nilai pH yang sedikit lebih rendah. Jus lemon menunjukkan pH antara 2,00 dan 2,60 sedangkan jus nipis menunjukkan pH antara 2,00 dan 2,35.

Membuat minuman lemon atau jeruk nipis sesuai kebutuhan


Lemon dan jeruk nipis memegang peranan penting dalam menambahkan rasa untuk minuman dan koktail dalam bentuk sirup sederhana. Jika Anda sangat bersemangat dan profesional dalam merancang minuman atau koktail, Anda perlu mengetahui konsistensi asam sitrat jeruk nipis dan lemon didasarkan atas mana yang dapat Anda tambahkan ke dalam koktail untuk menikmati rasa yang lebih segar. Anda dapat mencoba membuatnya lebih manis pada asam koktail dengan perubahan yang menggunakan jeruk nipis atau lemon sebagai proses kreatif dan untuk menciptakan varian rasa kapan saja Anda menginginkannya.

Manfaat jeruk lemon dan jeruk nipis untuk kesehatan 


Salah satu khasiat jeruk lemon dan jeruk nipis yakni memiliki antioksidan yang baik dan zat anti kanker, dengan alasan inilah orang-orang di Afrika Barat menjadikan jus jeruk nipis sebagai bagian dari konsumsi makanan/minuman sehari-hari yang mendukung program diet mereka. Seperti kita ketahui disana merupakan tempat epidemi kolera berlangsung. Penelitiannya dimulai dengan melakukan percobaan menambahkan air jeruk nipis untuk bubur yang dimakan dengan nasi, hingga akhirnya menemukan hasil yang bisa menambah daya tahan tubuh dan juga sebagai pelindung untuk melawan kolera dan virus penyakit lain.

Mana yang lebih baik untuk kesehatan, Lemon atau jeruk nipis?


Meskipun lemon dan jeruk nipis memberikan manfaat yang hampir sama kepada penggunanya, namun kandungan vitamin C lebih banyak dimiliki oleh lemon, sehingga nutrisi yang terdapat pada lemon menjadikannya sebagai pilihan yang lebih baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun tentunya Anda dapat memilih dan mengkonsumsinya salah satu dari mereka sesuai dengan selera masing-masing, karena keduanya tentu sangat berguna bagi kesehatan.

Itulah beberapa perbedaan jeruk nipis dan jeruk lemon yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Semoga uraian diatas dapat memberikan penjelasan bagi Anda untuk mengambil manfaat yang berguna bagi kesehatan sesuai dengan kondisi dan selera yang disukai. 

*sumber : http://lemonmastercleanse.com

0 comments