10 Khasiat Kulit Jeruk Lemon dan Kandungan Nilai Gizinya

Khasiat kulit jeruk lemon mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat, sehingga kebanyakan mereka membuangnya begitu saja. Padahal jeruk lemon sendiri sudah banyak diketahui sebagai buah yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu supaya Anda tidak membuang kulit lemon begitu saja, pada kesempatan ini kami akan memberitahu Anda mengenai 10 manfaat kulit jeruk lemon berikut kandungan nilai gizinya.

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Kulit lemon bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini disebabkan pada kulit buah lemon mengandung kalsium dan vitamin C dalam jumlah tinggi, yang akan membantu dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatan tulang. Kulit lemon juga membantu dalam mencegah tulang terkena penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis), rheumatoid arthritis dan inflamasi polyarthritis.

2. Menurunkan Tingkat Stress 

Kulit lemon berkhasiat membantu mengurangi stress oksidatif. Salah satu zat yang menjadi sumber untuk menurunkan tingkat depresi/stress ini adalah bio-flavonoid, oleh karena itu jika anda minum jus lemon yang dicampur dengan beberapa irisan kulitnya dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks, apalagi ketika tubuh dan pikiran Anda telah mengalami aktivitas yang cukup melelahkan.

3. Membunuh racun di dalam tubuh

Ada unsur-unsur beracun yang terdapat di dalam tubuh kita yang tidak hanya membuat kita lemah dari dalam tetapi juga dapat meningkatkan kecanduan terhadap minuman keras dan makanan berbahaya lainnya. Kulit lemon dengan kandungan bioflavonoid-nya, akan membantu dalam menghancurkan dan mengeluarkan unsur-unsur beracun ini dari dalam tubuh kita.

4. Melawan kanker

Tidak banyak orang yang mengetahuinya bahwa kulit lemon juga digunakan dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Ini karena di dalamnya mengandung zat salvestrol Q40 dan limonene, yang akan membantu memerangi sel-sel kanker dalam tubuh. 


10 Khasiat Kulit Jeruk Lemon dan Kandungan Nilai Gizinya


5. Mengurangi kolesterol

Seperti juga air perasannya, kulit lemon juga membantu dalam penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini akan menjaga kesehatan yang baik pada fungsi hati kita karena adanya zat polifenol flavonoid dalam kulit lemon.

6. Mencegah resiko terkena penyakit jantung

Kehadiran kalium dalam lemon kulit membantu dalam menjaga tekanan darah yang tepat dalam tubuh kita. Selain itu, kulit lemon juga membantu dalam pencegahan penyakit jantung, serangan jantung dan diabetes.

7. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut

Khasiat kulit jeruk lemon juga sangat bagus untuk kesehatan dan kebersihan mulut. Kekurangan vitamin C dalam gigi bisa menimbulkan masalah seperti perdarahan gusi, penyakit kudis dan yang terkait dengan radang gusi. Kulit lemon kaya asam sitrat sehingga dapat membantu dalam mengatasi kekurangan vitamin C dan membantu dalam mencegah masalah yang timbul pada gigi dan gusi tersebut.

8. Membantu menurunkan berat badan

Seperti halnya air perasan lemon (sari lemon murni) kulit lemon juga membantu dalam proses penurunan berat badan. Hal ini diakibatkan oleh kandungan zat yang dikenal sebagai pektin, inilah yang akan mengurangi rasa lapar sehingga kita tidak akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan sehingga berat badan dapat turun dengan sendirinya.

9. Mengatasi beberapa masalah pada kulit

Kulit lemon membantu dalam mencegah dan memerangi masalah kulit seperti keriput, jerawat, pigmentasi dan bintik-bintik hitam. Radikal bebas memainkan peran yang sangat penting dalam menimbulkan beberapa masalah tersebuti. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit lemon cenderung akan mendetoksifikasi kulit untuk tingkat yang lebih besar.

10. Manfaat kesehatan lainnya

Kulit jeruk lemon juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya seperti-untuk membersihkan hati, memperkuat kapiler, menyembuhkan infeksi telinga, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kontraksi otot, pencegahan stroke, dll.

Kandungan nilai gizi yang terdapat dalam kulit lemon



Menurut USDA National Nutrient Database for Standar Reference, bahwa:
  • Setiap 100 gram kulit lemon mengandung 134 mg kalsium.
  • Setiap 100 gram kulit lemon memiliki 160 mg kalium mineral.
  • Dalam setiap porsi 100 gram kulit lemon mengandung 129 mg Vitamin C 
  • Untuk setiap 100 gram kulit lemon mengandung 10.6 gram serat.
Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat detail kandungna nutrisi kulit lemon dalam gambar di bawah ini :

Kandungan Nilai Gizi - Nutrisi Kulit Jeruk Lemon


Cara terbaik mengkonsumsi kulit lemon


Anda mungkin bertanya, lalu bagaimanakah cara terbaik untuk kita mengkonsumsi kulit jeruk lemon? Berikut kami tunjukkan caranya, Anda hanya perlu memasukkan buah lemon ke dalam freezer hingga beku. Kemudian irislah kulitnya dengan menggunakan pisau, setelah itug Anda dapat menambahkan irisan kulit jeruk lemon ini untuk salad, teh, atau Anda dapat juga dapat memakannya secara langsung dengan tambahan lapisan gula pasir. Inilah yang kami sebut sebagai cara terbaik untuk mendapatkan rasa dan manfaat kesehatan dari kulit jeruk lemon.

Itulah 10 khasiat kulit jeruk lemon untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, dengan begitu ketika Anda mengambil manfaat dari buah lemon, tentu Anda juga tidak akan membuang kulitnya. Semoga bermanfaat ;)

0 comments