Manfaat Lemon Untuk Wajah Berjerawat dan Cara Kerjanya

Manfaat lemon untuk wajah berjerawat adalah salah satu dari sekian banyak khasiat buah berwarna kuning cerah itu dengan cara yang mudah dan murah. Sebelum mencoba perawatan lebih mahal, sebaiknya Anda mencoba pengobatan rumah ini apakah efektif akan mengurangi atau menghilangkan jerawat Anda?

Mengapa lemon bisa mengobati jerawat?


Lemon mengandung asam alpha hidroksi serta vitamin C dalam jumlah banyak. Alpha-hydroxy acid akan membuat kulit mengelupas secara alami dan mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menghalangi pori-pori. Ini juga akan membunuh bakteri di dalam pori-pori yang menyebabkan jerawat. Vitamin C adalah anti-inflamasi alami, yang dapat mengurangi pembengkakan dan membantu mendorong jerawat pada wajah atau daerah lain keluar, sehingga mempercepat penyembuhan. Para ahli kesehatan juga meyakini bahwa lemon dapat meningkatkan elastisitas kulit secara alami dan membantu sel-sel kulit baru untuk tumbuh, sehingga akan mengakibatkan kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Manfaat Lemon Untuk Wajah Berjerawat dan Cara Kerjanya


Cara menggunakan lemon untuk pengobatan jerawat


Menggunakan lemon untuk mengobati jerawat sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan sari lemon yang sudah dikemas dengan baik atau dengan cara memeras jeruk lemon secara langsung supaya lebih segar. Berikut ini caranya:

• Cuci wajah Anda dengan sabun muka yang ringan dan lembut, kemudian keringkan.
• Celupkan kapas ke dalam jus lemon, lalu peras kelebihan airnya dengan lembut sampai tidak menetes.
• Usap/gosokkan kapas ke seluruh wajah, hindari daerah dekat mata. Anda mungkin akan merasa terbakar atau menyengat ketika menggosoknya dan itu adalah reaksi yang normal karena secara perlahan akan menghilang dengan cepat.
• Biarkan sari lemon tersebut menyerap pada kulit selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat sebelum mngelapnya hingga kering.

Anda dapat melakukan ini dua kali sehari yakni pada waktu pagi dan malam untuk pengobatan jerawat yang sudah parah. Anda juga dbisa menjadikan sari lemon sebagai masker dan membiarkannya selama semalaman, jika Anda ingin mendapatkan kulit wajah yang lebih lembut, bersihkan wajah dengan di pagi hari sebelum menerapkan pelembab.


Efek samping pengobatan jerawat dengan lemon


Sebenarnya tidak ada efek samping yang serius dari menggunakan lemon untuk mengobati jerawat. Namun, mungkin ada sedikit dari mereka yang akan mengalami kemerahan pada area wajah yang dioleskan sari lemon tersebut. Anda juga mungkin akan merasakan sedikit kesemutan dan kulit kering. Jika Anda merasakan kulit terlalu kering setelah menggunakan jus lemon dalam dua kali sehari, sebaiknya hanya menggunakannya sekali saja dalam sehari. Pastikan Anda menggunakan pelembab wajah yang tidak berminyak dan berkualitas baik setelah menggunakan pengobatan sari lemon.

Lemon mencegah munculnya jerawat


Setelah Anda rutin mengobati jerawat dengan lemon menggunakan cara di atas, Anda juga dapat terus menggunakan sari lemon pada wajah sebagai bentuk pencegahan timbulnya jerawat yang baru. Hal ini akan mencegah pertumbuhan bakteri dalam pori-pori wajah Anda, sehingga dapat mencegah tumbuhnya jerawat bermunculan. Untuk pencegahan ini Anda cukup menggunakan sari lemon hanya sekali sehari saja.

Selain manfaat lemon untuk wajah berjerawat, sari lemon sangat bermanfaat untuk kulit dan bahkan dapat membantu mengurangi bintik-bintik atau noda hitam pada kulit. Selain itu kandungan yang terdapat dalam sari lemon murni ini memiliki sifat anti-penuaan, sehingga dapat membuat kulit tampak lebih muda. Hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakannya adalah jangan sampai air sari lemon tersebut mengenai mata Anda, namun jika tidak sengaja masuk ke dalam mata, langsung bilas dengan air bersih hingga 15 menit.

0 comments